today's date

Monday, February 14, 2005

CAMPUS ACCOMMODATION


2147-01


Tipe akomodasi ini seringkali dipilih oleh banyak student yang baru pertama kali datang ke London untuk menempuh masa studinya. begitu mendapat acceptance offer dari universitas , Accomodation office dari universitas biasanya akan dengan otomatis menawarkan pilihan untuk tinggal di halls of residence. Banyak faktor kenapa tinggal di hall sangat menyenangkan dan aman bagi kita?

  • Lebih murah dibandingkan akomodasi privat disekeliling universitas tersebut
  • Sudah termasuk biaya listrik, air dan pemakaian lainnya sehingga tidak dipusingkan dengan masalah tagihan bulanan.
  • Tersedianya koneksi internet, wireless maupun secara manual di masing-masing kamar dengan
    hanya biaya tambahan yang bisa dibilang jauh lebih murah daripada meng ‘set-up’
    internet provider dengan upaya sendiri.
  • Distance Wise tentunya lebih banyak untungnya! dekat dengan kampus sehingga tida perlu bangun terlalu pagi ataupun mengeluaran biaya transportasi.
  • Dari segi keamanan tentunya lebih terjamin apabila pada saat saat kita harus pulang larut malam dari laboratorium ataupun library di sekitar kampus.
  • Di beberapa kampus, student hall juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti Laundry and Dry Clean Facility, Common Room, Entertainment Room, Convenience store, Bank and Cash point, Sport Club atau Gym, sampai local pubs dan club dimana kita bisa mingle and party all the night tanpa takut terlalu jauh pulang malam.
  • Untuk yang sudah berkeluarga biasanya student hall juga menyediakan kamar tipe studio untuk
    keluarga dengan berbagai tipe dari mulai untuk couple sampai keluarga.
  • Not too many distraction untuk belajar sehingga kita lebih focus dan terarah.
  • Lingkungan yang tepat untuk mengasah dan membuat pertemanan dengan teman teman dari mancanegara dalam lingkungan di luar departement kita.
  • tidak harus membayar council tax dan urusan pajak lainnya.

Pastinya minusnya ada saja. salah satunya kurang tenang keadaan sekeliling karena pada umumnya satu gedung terdapatkan puluhan mahasiswa/i, sehingga mengganggu ketentraman dalam istirahat dan juga konsentrasi belajar.

Memang tergantung sekali pada tipe akomodasi yang universitas pilihan anda berikan. Untuk student postgraduate, biasanya setiap universitas punya hall terpisah dan dikhususkan untuk mature atau postgraduate student.

Potential conflict sangat mungkin terjadi dengan flatmates karena adanya perbedaan culture ataupun kebiasaan. Tapi justru bisa kita sikapi dengan bijak, bisa melatih diri kita untuk punya kemampuan conflict management yang baik dalam bersosialisasi dengan teman teman dari berbagai negara. jadi jangan takut!

Ada lagi situasi menyebalkan lainnya yang bisa ditemui saat summer break, khususnya teman teman postgraduate yang harus tetap stay di hall menyelesaikan disertasi. Suasana kampus sepi abis karena semua teman lokal kita pulang ke rumah masing masing. Dari pengalaman kita mengakalinya dengan mengajak teman teman internasional lainnya yang bernasib sama untuk hang out bareng sama mereka. misalnya dengan beraktifitas dan ikut club yang biasanya ada di student union masing masing university mulai dari Rowing, Theatre, Capiorea, Religion, Debate, sampai drinking club.


2147-03


Harga – harga dari halls of residence ini pun bervariasi, tergantung dimana lokasi universitas anda dan juga fasilitas apa saja yang anda dapatkan didalam halls tersebut. Pilihan share pastinya lebih murah daripada single study bedroom. Ada istilah en-suite dimana anda mendapatkan kamar mandi cubicle compact di dalam kamar anda, yang didalamnya terdapatkan shower head, wastafel dan toilet yang posisinya berdeketan dengan satu sama lain. Ini cenderung lebih mahal dibandingkan tipe standard yang hanya mendapatkan wastafel di dalamnya. Kisaran harga antara £70 - £150 tergantung jenis tipe kamar dan tentunya lokasi apakah di tengah kota London atau country side seperti Surrey, Essex, Kent misalnya.

Pada tipe standard ini, pada umumnya mereka harus menggunakan shared bathroom or shower room
bersama kira-kira 6 orang lain tergantung dengan bagaimana halls of residence tersebut terbagi.


2147-14


Untuk bagian dapur, semua halls of residence membuat community kitchen yang di share dan di dalamnya terdapatkan 1 kompor gas, 1 microwave, 1 kulkas biasa, 1 kulkas beku dan lemari-lemari makanan tersendiri dengan cantolan sehingga bisa anda kunci sendiri.

Untuk kebersihan community kitchen dan community bathroom or shower room, universitas bisa menyediakan pembersih yang kira – kira datang seminggu sekali untuk membersihkan semua fasilitas –fasilitas itu, atau bisa juga mereka memberi semacam cleaning rota dimana setiap sekali seminggu, mereka akan mengirim cleaning inspector untuk mengecek dapur dan kamar mandi dan juga kebersihan lorong – lorong dimana mereka akan mengenai denda kepada siapa saja yang belum becuscleaning rota. Ini termasuk jurus ampuh dalam menjaga kebersihan halls masing-masing karena denda yang mereka tarifkan bisa sampai £10 namun tidak semua halls of residence menggunakan cara tersebut.



kitchen


Kontrak halls of residence biasanya hanya sampai 1 tahun dan dari situ kita diharuskan mencari akomodasi privat dengan bantuan dari kantor akomodasi universitas kita sendiri atau dengan upaya sendiri melalui majalah – majalah property seperti Loot. Bisa kamu baca di artikel Private accommodation untuk info lebih detail.

Tip lainnya yang bermanfaat dan enaknya tinggal di student hall salah satunya adalah coba rajin melihat papan pengumuman disekitar kampus ataupun lewat intranet kampus berbagai barang yang dijual antara student yang biasanya jauh lebih murah dan bisa ditawar. Coba beli barang pada saat akhir agustus sampai september karena biasanya banyak barang yang diobral sampai murah sekali karena saat itu banyak juga student yang sudah selesai kuliah dan mau for good pulang ke negaranya masing masing, jadi mereka banyak yang tidak mau ambil pusing dan memberikan harga yang cukup untuk kantong kita yang pas-pasan. Barang yang ditawarkan sendiri mulai dari kitchen equipment, bathroom equipment, hairdryer, books, DVD set, TV, rak buku, storage, laptop, printer, handset telepon, sepeda, sampai mobil.

Sebaliknya saat kita mau pulang nanti, coba jual barang yang kiranya sudah tidak dibutuhkan justru diluar waktu itu misalnya pada awal bulan july dan agustus dimana banyak mahasiswa baru yang mengambil program pre-seasional English course datang dan membutuhkan banyak barang. jadi harganya tidak turun dan kita bisa mengambil untung. Alternatively coba tawarkan lewat ebay!


IMG_3185


Pastinya akan banyak sejuta pengalaman dan kenangan selama kit tinggal di student hall, yang paling penting cari informasi sebanyak-banyaknya tentang pilihan student hall yang kita minati. Length of stay, Deposit, Ammenity, facility tentunya akan masuk dalam what to ask list kita. cek juga lewat website tentang kondisi dan lingkungan kota atau borough tempat kita tinggal. Dimana supermarket terdekat, dimana Chinese delivery, hospital atau GP, Pharmacy, resto sampai tempat hiburan seperti cinema sehingga kita tahu kemana harus santai saat kita suntuk belajar di kampus!. (Del2005)