today's date

Monday, February 14, 2005

PRIVATE ACCOMMODATION

room1 Idealnya menyewa rumah atau flat hanya disarankan apabila kita akan belajar atau tinggal di London dalam jangka waktu yang relatif singkat, dibawah 5 tahun misalnya, dan tentunya lebih menghemat waktu dan tenaga dari segi praktisnya. Untuk masyarakat lokal sendiri, bagi mereka sebisanya untuk bisa memilih membeli rumah daripada menyewa. Memanfaatkan keringanan 95 – 100 persen mortgage dengan termin pembayaran mencapai 25-30 tahun menjadi alasan utamanya.

oit
Sekedar info, menurut survei yang dilakukan Abbey National Bank, menyewa rumah ternyata 35-40 % jauh lebih mahal daripada membeli rumah untuk jangka panjang dan ternyata sekitar £85.000 kompensasi kerugian kita selama 25 tahun. Dengan membeli rumahpun si pemilik bisa bermain untuk menghindari tax free profit dengan menyewakan rumah itu apabila tidak dipakai.

Usia minimum untuk bisa menyewa flat atau rumah di UK, termasuk London, harus sudah lebih dari 18 tahun. Syarat lain untuk bisa menandatangani kontrak (tenancy agreement) biasanya juga diminta seorang guarantor/ penjamin yang tinggal di UK dan biasanya diminta untuk membayar sejumlah deposit sebagai penjamin apabila ada kerusakan yang disebabkan oleh penyewa.

Kemudian waktu yang paling tepat untuk mulai mencari akomodasi minimal 4 minggu sebelumnya dan apabila kita mencari akomodasi yang murah, akan sulit pada saat pertengahan september dimana masa studi baru dimulai untuk semua pelajar. Jangan lupa untuk mengecek council tax saat kita akan menyewa flat . dan kebutuhan listrik, gas, dan air tentunya menjadi tanggungjawab si penyewa.

oit
Hampir semua flat atau rumah yang disewakan infonya dapat ditemui melalui agen properti. Dengan biaya konsultasi dan administrasi berkisar £25 sampai £ 300 mereka membantu kita
dengan berbagai layanan dari mulai mencarikan flat sampai jasa post service, seperti bertanggungjawab apabila kita mengalami masalah dengan air atau heater. website beberapa agent property bisa di akses pada baris bawah halaman ini.

Pilihan flat itu sendiri cukup bervariasi dengn range harga yang berbeda tergantung dekat atau tidaknya dengan akses transportasi (tube, train station), dekat dekat fasilitas pertokoan dan strategi atau tidaknya. Adapun tipe atau jenis flat atau rumah di inggris raya termasuk London itu sendiri terdiri dari beberapa jenis seperti:

o Bedsit: kependekan dari bedsitter yang merupakan abbreviation dari bed-sitting room, sebuah studio-flat yang terdiri dari satu kamar saja termasuk living room berbarengan dengan bedroom.
bisa kita temui pada beberapa kamar tipe bedsit juga sudah termasuk bathroom didalamnya (en-suite- seperti ditemui di Student hall), atau bisa juga sharing bathroom dengan tenant yang lain.
room
o Flat: lebih kita kenal dengan bahasa American English sebagai apartment atau condominium, biasanya satu lantai. Biasanya beberapa flat dapat ditemukan dalam satu apartment complex atau biasanya sebuah rumah besar yang telah dikonversi menjadi beberapa flat.

IMG_3371
Pilihan flat sendiri cukup beragam, ada yang sudah disediakan secara lengkap berikut furniture-nya (Fully furnished), hanya beberapa utility yang essential saja (semi-furnished) atau kosong sama sekali (unfurnished).
Satu flat biasanya terdiri juga dari living room, kitchen (termasuk open kitchen yang menjadi satu dengan living room), dan juga dining room.Standard kitchen itu sendiri biasanya terdiri atas oven/ grill, Refrigerator, fitted kitchen units. Seringkali pemilik/ landlord menambahkan fasilitas kitchen dengan dishwasher dan freezer yang terpisah.

room
Tidak seperti apartemen atau rumah di amerika, disini sangat jarang ditemukan basement atau utility room.biasanya
dua peralatan diatas diletakan bersama dalam kitchen. Sudah menjadi standard setiap flat atau rumah mempunyai pemanas (heater) ruangan. Untuk kamar mandi biasanya hanya terdiri dari bath saja walau mereka umumnya menambahkan sendiri fasilitas shower di dalamnya. Tapi dapat ditemukan juga yang menambahkan fasilitas shower room tersendiri.
Adapun jenis tipe flat bisa juga bervariasi menjadi beberapa tipe seperti:
  • Detached House: Sebuah rumah utuh mempunyai taman dan garasi.
  • Semi Detached House: Satu Gedung/ rumah terdiri 2 / 3 rumah/flat yang mempunyai satu pintu masuk dan common wall.
  • Mews House: konversi rumah dari old stable atau servant lodging (abad 17 – 19) yang banyak kita temuka di London seperti dareah Notting Hill, Little Venice atau Holland Park. Tentunya harganya cukup mahal.
  • Period Property: Istilah ini lebih dikenal untuk mengkategorikan gaya arsitektur rumah di London seperti Elizabethan, Georgian atau Victorian.
  • Tipe lain jenis flat yang bisa kita temui disini, terraced house, Town house, Houseboat, maisonnette, mobile home, stately home.
  • Average Cost: berkisar > £ 100 per minggu sangat tergantung seberapa besar flatnya, jumlah kamar, furnished atau unfurnished, lokasinya.
o Lodging: sebuah kamar yang disewakan oleh pemilik rumah yang bisa saja sebuah keluarga, atau hanya seorang. Kamar itu sendiri bisa termasuk kamar mandi sendiri atau berbagi dengan si pemilik rumah. Yang pastinya kita bisa menggunakan fasilitas dapur dan ruangan lainnya tergantung kebijaksanaan pemilik.

room
Average Cost: berkisar antara £ 50£ 80 per minggu tergantung besarnya kamar dan lokasi rumah. Dengan harga yang terjangkau, tinggal bersama locals juga memberi kesempatan kita untuk bersosialisasi menambah wawasan diluar pertemanan di kampus atau sekolah. Di lain hal karena kita berbagi dengan orang lain, konsekuensi kesulitan beradapatasi dan sedikit kehilangan kebebasan akan timbul untuk pilihan ini.

Dibawah ini ada beberapa hal kecil yang jangan terlewat saat kita memilih flat tempat kita tinggal,

1. Seberapa jauh dan dekatnya dengan station bus atau underground/ tube terdekat?
2. Bagaimana neighbour sekitar kita?
3. Apa saja fasilitas lokal yang bisa kita temukan? misalnya community park, lapangan bola, atau tempat bermain anak anak.
4. Bagaimana keamanan, security dan tingkat kriminal daerah sekitar flat?
5. Council tax dan band?
6. jika sharing dengan orang lain, perlu kita ketahui sedikit apa yang mereka lakukan
7. jangan lupa melakukan visiting ke daerah yang kita minati sambil mengamati lingkungan sekitarnya. Idealnya dilakukan pada siang hari dan malam hari.
8. cek rute bus dan frekuensinya.
9. local amenities yang bisa ditemukan disekitar.

Pada saat kita pertama memasuki flat baru, biasanya dilakukan inventory bersama dengan agen terhadap barang2 yang terdapat di flat kita. Hal ini akan menguntungkan kedua belah pihak, landlord dan tentunya kita sebagai penyewa untuk saling menjaga posisi keduanya. Jangan lupa untuk membaca semua instruksi petunjuk terhadap pemakaian peralatan rumahtangga sebagai tindakan preventif. Dan tentunya untuk mencari tahu mengenai rubbish collection, recycling dan on-road parking ke local town hall.


room

Untuk fasilitas pendukung seperti internet, tv kabel dan telephone, yang pertama kali dilakukan adalah bisa menanyakan dahulu ke agen atau landlord mengenai perusahaan apa yang sudah pernah dipakai oleh penyewa terdahulu. Apabila mungkin, menanyakan kembali regulasi apa yang perlu diketahui untuk kepentingan tersebut. Lebih jauh mengenai internet, tv kabel dan telephone dapat diketahui lewat sub menu media and telecomunication.


Useful links

related links:
Campus accommodation
first time accommodation
council tax
Electricity
Gas
Water

Heating
home security